Wednesday 8 October 2008

...and my diet begins!

Dear Diary,

Sementara anak2 makin gede, aku juga lagi berdiet.. apalagi karena aku udah nga rencana nambah anak lagi. Sekarang ini aku lagi giat2nya berdiet! Dulu sejak masi anak2, aku selalu kurus...sampe2 waktu SMA aku sering dibilang orang kyk tiang listrik!!! Sebelll. Nga salah sih..tinggiku 170 cm, beratku cuman 45 kg. Waktu masih masa puber, aku juga kepingin punya body ideal. Makanya aku juga pingin banget bisa nambah berat badanku. Tiap kali makan, aku selalu maksain...biarpun udah kenyang aku masih maksa masukin makanan ke dalem mulut. Lebih besar ambisiku buat pake baju2 keren dan terlihat keren dibanding rasa mual yg aku alami akibat makan terlalu banyak. Tapi tetep aja beratku nga nambah2!

Saat lagi trend2nya anak2 ABG pake baju2 model tanktop, aku malah menyembunyikan lenganku rapat2, menjauh sejauh2nya dari celana pendek dan rok mini. Aku juga selalu menghindari acara2 berenang bareng temen2. Temen2ku selalu heran liat napsu makanku yg besar..heran liat aku sanggup makan sebanyak itu.

Akhirnya beratku bisa nambah...menginjak angka 50 kilo, waktu itu aku umur 18 ato 19 th. Ini suatu kebanggaan bagiku..

Keep eating a lot....
...dan akhirnya beratku 55 kilo. Aku merasa badanku paling ideal di berat 55 ini. Waktu itu aku lagi kuliah di luar negeri. Barulah aku mulai enjoy pake baju macem2. Aku merasa diriku udah menyerupai teman2ku. Aku tidak merasa aneh lagi. Tidak ada lagi yg memanggilku papan cucian, tiang listrik, sedotan....
Aku tau seharusnya aku mempertahankan berat segitu, tapi lambungku udah terlanjur melar karena makanku selalu banyak! Akhirnya aku tidak bisa kenyang kalo makannya dikurangi porsinya. Dan itu sangat menyiksaku! tak terasa beratku sampe ke angka 60 kilo. Banyak orang bilang aku agak kegemukan..tapi aku nga merasa gemuk. Mungkin karena aku selalu dibilang terlalu kurus, 'agak gemuk' jadi terasa indah buatku.....

Waktu aku nikah, beratku 54 kilo.. aku jadi kurus lagi gara2 sempet stress..saat gelap yg nga pingin aku inget lagi. (Waktu stress malah cuman 52 kilo). Setelah nikah, aku jadi 58 kg.
Kemudian aku hamil...dan beratku naik 12 kilo waktu hamil Celine, dan kmd berhasil turun jadi 60 kilo lagi setelah melahirkan. Jadilah 60 kilo sbg berat standartku saat itu. Waktu aku hamil Owen, aku naik 10 kilo, dan kemudia berhasil turun lagi menjadi 60 kilo dalam waktu satu bulan. Aku merasa aku udah mencapai standartku lagi...en agak lost control! Akibatnya..beratku naik lagi jadi 63 kilo. Ini yg terberat seumur idupku!!!
....dan tiba2 aku merasa aku gemuk sekali! Akupun ketakutan..aku merasa aku gemuk, jelek,...dan mulai tua!

Aku pun kembali berdiet.

Dalam waktu 1 bulan, aku berhasil menurunkan 3 kilo.
Skg aku 58-59 kilo...dan aku still on diet... Berat banget rasanya. Skg ini, aku makan cuman 1 kali..cuman siang hari; nasi 2 sendok makan plus lauk2. Pagi hari aku cuman minum susu WRP. Malam hari nga makan, kecuali kalo laper banget..aku makan lauk aja, itupun cuman 1 sendok. Targetku 55 kilo.

Wish me luck!

7 comments:

Antony Pranata said...

Well... aku dikasih tip ama personal fitness trainer-ku di sini. Katanya begini, kalo makan sehari harus 5 kali. Yang 3 kali makan biasa; terus yang 2 kali itu snack. Itu kalo mau menjaga berat badan ideal.

Jadi kalau mau kurus, jangan makan dikurangin. Semakin makan dikurangin itu semakin berbahaya. Kenapa? Karena kalo kita makan makin sedikit, begitu kita makan, tubuh kita langsung bereaksi, "oh ini ada makanan. karena aku cuman dapet makan sedikit, aku timbun dulu jadi lemak". Tubuh kita itu udah diprogram seperti itu... berjaga seandainya kita gak dapet makan sampe berhari2.

Nah menurut personal trainer-ku itu yang bener adalah makan 5 kali. Kenapa 5 kali? Karena abis sarapan sebelum makan siang, di tengah2 tuh biasa tubuh udah mulai lapar. Nah udah mulai bereaksi untuk nimbun lemak karena makan yang selanjutnya dia belum tau. Kalo kita ada snack di antara sarapan dan makan siang, ya udah langsung dipake itu makanan (gak ditimbun).

Terus yah... kalo bisa kurangi karbohidrat (kayak nasi). Banyakin makan protein. Kalo udah seumuran kita, metabolisme gak baik. Jadi kebanyakan karbohidrat bisa makin ndut.... kurangin makan nasi, perbanyak protein. :)

Selamat mencoba....

AbigaiL said...

Oh koko benarr.. aku dulu di jp suka makan nasi dan jarang ngemil malah jadi ndut.. pas di solo aku makan nasi dikit karena antri pingin makan ini itu jadi kan rugi kalo makan nasi banyak tar kenyang, eh di solo malah ga nambah2 ndut loh, padahal maem terusss, pencernaan juga lancar, cepet kluarnya.

Anyway, tiap org pola dietnya beda2 sesuai metabolisme tubuh ya. Ada juga org yg dengan skip makan isa nambah kurus. Tapi tipsku ya, tetep makan 3x, ga usah 5x, ga usah cuma 1x, tetep 3x tapi makanannya dijaga, makan kayak sup misua, ikan steam, atau gitu2 lah, terutama hindari gorengan dan chinese food!

Wish you luck!

Anonymous said...

Aku kalo diet selalu ngurangin jatah makan, soalnya kalo ngurangi porsi makan tu berat bangetttt..rasanya nga mantep. Ibaratnya, sekali mulai buka mulut, musti kudu makan trs sampe kekenyangan. Mending nga makan sekalian. Kalo makan cuma dikit rasanya kyk cuma diiming2i...

Antony Pranata said...

Oh iya... sampe lupa bilang. Jangan pernah makan sampe perut penuh. 80% penuh udah cukup. Dulu aku dijelasin kenapa gitu, tapi wis lali je. Haiyaaa....

Pokok-e kurangi makan karbohidrat (seperti sdr. Abigail itu). Perbanyak protein. :)

Anonymous said...

Waaaa.. aku juga lagi on diet loh... tapi selalu gatotttt.. :(
Yg dibilang personal trainer kk tuh sebenere emang bener.. haruse makan tuh dikit2 tapi sering.. biar ngga numpuk..
Tapi yah..berat emang..kalo bibir kedudul maeman, kalo belom wareg ga akan isa mandeg.. ya toh..

Anonymous said...

Nahhhh...itu diaaaaa...benul ituuuu cip2. Ayo besOk odet2 lagi..

AbigaiL said...

Yaahh.. dari semua percakapan yg ada, bisa disimpulkan kalo ci J itu org yg sangat lugu dan polos, tanpa dosa berani menyatakan berat badan sepanjang hidupnya, dari yg terringan sampe yg terberat. Bravo! Bravo!